-->

Tuesday, April 12, 2016

Indra Pembau -Hidung-

Posted by Firda at 10:37 AM


Hidung berfungsi menghirup udara pernafasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernafasan, juga berperan dalam resonansi suara. 

Rongga Hidung

Rongga hidung terdiri atas :
Vestibulum yang dilapisi oleh sel submukosa sebagai proteksi.
Struktur konka yang berfungsi sebagai proteksi terhadap udara luar karena strukturnya yang berlapis.
Sel silia yang berperan untuk melemparkan benda asing ke luar dalam usaha untuk membersihkan jalan napas.
Bagian internal hidung adalah rongga berlorong yang dipisahkan menjadi rongga hidung kanan dan kiri oleh pembagi vertikal yang sempit, yang disebut septum.


Jaringan Epitel

Jaringan epitel penyusun daerah olfaktori adalah epitel silindris bertingkat, yang tersusun atas tiga jenis sel, yaitu sel penyokong, sel basal dan sel olfaktorius.
1. Sel Penyokong.
Sel-sel ini berbentuk silindris, tinggi ramping dan relatif lebar dibagian puncaknya, serta menyempit dibagian dasarnya. Di permukaan apikal sel terdapat mikrofili yang menonjol di dalam lapisan mukus.
2. Sel Basal
Sel berbentuk kerucut, kecil dengan inti berbentuk lonjong, dan gelap terletak di antara sel-sel penyokong di bagian dasar. Sel-sel ini dianggap sel induk yang mampu berkembang menjadi sel penyokong.
3. Sel Sensorik/Sel Olfaktoria.
Berfungsi mendeteksi rangsangan zat kimia berupa gas di udara (kemoreseptor).


Faring

Fungsi utama faring adalah sebagai saluran alat pencernaaan yang membawa makanan dari rongga mulut hingga ke esophagus.Hubungan faring dengan rongga hidung dan laring ini membuat faring menjadi cukup penting dalam produksi suara, serta memungkinkan manusia untuk bernafas menggunakan mulut.

Laring

Fungsi utama laring adalah untuk memungkinkan terjadinya vokalisasi.Laring juga melindungi jalan napas bawah dari benda asing dan memudahkan batuk. Laring sering disebut sebagai kotak suara dan terdiri atas:

Epiglotis : daun katup kartilago yang dapat menutup saat proses menelan.
Glotis : memungkinkan terjadinya vokalisasi
Kartilago Thyroid


Bagian Hidung Lainnya

Lubang hidung: untuk keluar masuknya udara.
Rambut hidung: untuk menyaring udara.
Selaput lendir: tempat menempelnya kotoran dan sebagai indra pembau.
Serabut saraf: mendeteksi zat kimia yang ada dalam udara pernapasan.
Saraf pembau: mengirimkan bau – bauan ke otak.
• Tulang rawan: sebagai pembentuk hidung. Jadi bagaimana bentuk hidung anda saat ini adalah karena adanya tulang rawan.
• Pemisah (septum): yakni yang memisahkan hidung menjadi dua bagian atau 2 rongga yang mana membentengi hidung ke dari depan hingga ke dalam hidung.


Mekanisme Menghidu

Rangsang (bau) – lubang hidung – epitelium olfaktori – mukosa olfaktori – saraf olfaktori – talamus – hipotalamus – otak.
Kumpulan gas kimia ikut masuk bersama udara yang kita hirup melalui rongga hidung. Di rongga hidung gas itu tadi akan menyentuh kemoreseptor (menerima rangsang) yang ada di lapisan epitel rongga hidung. Rangsangan ini diteruskan oleh saraf olfaktori ke otak untuk diterjemahkan.
Sedangkan molekul-molekul kimia yang bersenyawa dengan air dalam udara akan larut dalam mukus atau lapisan lendir pelindung kemoreseptor, kemudian akan mengalami proses yang sama seperti di atas sehingga akan terjadi sensasi bau.


1 comments:

Unknown said...

Admin kalau bisa referensi nya dimuat (buku, artikel, dll)

Post a Comment

Jangan menggunakan kata-kata yang kasar.
Terima kasih.

 

Babynemooos Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea