-->

Thursday, March 24, 2016

Karya Ilmiah : Pengaruh Munculnya Ojek Online Terhadap Masyarakat

Posted by Firda at 7:46 PM
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karya tulis ilmiah ini dapat kami selesaikan dengan baik dan tepat waktu. Karya tulis ini disusun agar pembaca dapat memahami tentang dampak hadirnya Ojek Online terhadap berbagai lapisan masyarakat. Makalah ini kami susun dengan mencari informasi dari berbagai sumber.
                                                                  
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru Bahasa Indonesia, yaitu Ibu Dra. Mukaromah, M.Pd yang telah membimbing penyusun agar dapat mengerti tentang bagaimana cara menyusun karya tulis ilmiah yang baik.

Semoga karya tulis ini dapat mengantarkan ilmu dan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun karya tulis ini telah kami susun sebaik mungkin, pasti terdapat kekurangan di dalamnya. Oleh karena itu, kami membutuhkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Terima kasih.



Tim Penyusun
Firdaus dan Milard


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................... i

DAFTAR ISI................................................................................................. ii

ABSTRAK................................................................................................... iv

BAB I PENDAHULUAN............................................................................ 1
1.1 Latar Belakang.......................................................................... 1
1.2 Identifikasi Masalah................................................................. 2
1.3 Pembatasan Masalah.............................................................. 2
1.4 Perumusan Masalah............................................................... 2
1.5 Tujuan Penelitian..................................................................... 3
1.6 Manfaat Penelitian................................................................... 3

BAB II KAJIAN PUSTAKA....................................................................... 4
2.1 Kerangka Teoretis.................................................................... 4
2.1.1 Pengertian Ojek......................................................... 4
2.1.2 Pengertian Masyarakat............................................ 4
2.1.3 Sejarah Ojek Online.................................................. 5
2.2 Kerangka Pemikiran................................................................ 5
2.3 Hipotesis.................................................................................... 6

BAB III METODE PENELITIAN............................................................... 7
3.1 Populasi dan Sampel.............................................................. 7
3.1.1 Populasi...................................................................... 7
3.1.2 Sampel........................................................................ 7
3.2 Metode Pengumpulan Data................................................... 8
3.2.1 Wawancara................................................................ 8
3.3 Instrumen Penelitian............................................................. 12
3.4 Metode Analisis Data............................................................. 12

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.......................... 14
4.1 Hasil Penelitian...................................................................... 14
4.2 Pembahasan........................................................................... 14

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.................................................... 16
5.1 Kesimpulan............................................................................. 16
5.2 Saran........................................................................................ 16

DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 17


Fitri, Firdaus dan Ramadhani, Mila. 2016.
 “Pengaruh Ojek Online Terhadap Masyarakat”
Karya Ilmiah
Bekasi, Jawa Barat. SMA Negeri 1 Bekasi.

ABSTRAK

Karya ilmiah yang berjudul Pengaruh Ojek Online terhadap Masyarakat ini membahas tentang bagaimana dampak hadirnya ojek berbasis online terhadap berbagai lapisan masyarakat, apakah lebih banyak dampak positif atau negatifnya.
Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mendapat pengetahuan tenang dampak positif dan negatif dari pengaruh hadirnya ojek berbasis online terhadap berbagai lapisan masyarakat, dan dapat mengetahui solusi untuk mengatasi dampak negatif tersebut.

Metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah dengan melakukan wawancara. Beberapa masyarakat yang kami wawancara adalah pengendara ojek online itu sendiri, pelanggan Ojek Online, pelanggan angkutan umum, dan pengemudi ojek konvensional.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Angkutan umum memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian, karena berkaitan dengan distribusi barang, jasa, dan tenaga kerja, serta merupakan inti dari pergerakan ekonomi di kota.
Salah satu angkutan umum yang paling efektif dan efisien adalah ojek. Ojek atau ojeg adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor. Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya hanya satu orang. Ojek banyak digunakan oleh penduduk di kota-kota besar karena kelebihannya dengan angkutan lain, yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Biasanya ojek mangkal di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk kawasan pemukiman.
Semakin pesatnya teknologi di zaman ini yang dinamakan internet, memungkinkan kita mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Salah satunya adalah ojek tersebut. Kini, di Indonesia, terdapat sebuah layanan ojek online yang memungkinkan calon penumpang tidak perlu datang ke sebuah pangkalan ojek. Calon penumpang cukup memesan ojek dari sebuah aplikasi di smartphone, dan ojek akan datang menjemput.
Kehadiran ojek online ini tentu memicu reaksi dari berbagai lapisan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan layanan ojek. Seperti pengguna ojek ataupun pengendara ojek konvensional.

1.2  Identifikasi Masalah
Melihat semua hal yang melatarbelakangi munculnya ojek online, kami menarik beberapa masalah dengan berdasar kepada:
1.    Adanya kecemburuan sosial yang dimiliki oleh pengendara ojek konvensional.
2.    Maraknya penjualan jasa berbasis online.

1.3  Pembatasan Masalah
Karena cangkupan lapisan masyarakat yang begitu luas, maka kami hanya membataskan penelitian hanya dari segi pengaruh ojek online terhadap siswa SMAN 1 Bekasi,  serta kehidupan dari pengendara ojek online itu sendiri dan dampak yang didapatkan oleh pengendara ojek konvensional.

1.4  Perumusan Masalah
1.    Apa dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh hadirnya ojek online?
2.    Bagaimana cara mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan oleh hadirnya ojek online?

1.5  Tujuan Penelitian
Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai pengaruh hadirnya ojek online terhadap berbagai lapisan masyarakat dan solusi mengatasi hadirnya dampak negatif dari ojek online.

1.6  Manfaat Penelitian
1.    Bagi siswa
Mendapat pengetahuan mengenai dampak hadirnya ojek online.
2.    Bagi masyarakat
Mendapat solusi atas setiap dampak negatif yang ditimbulkan akibat ojek online.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 Kerangka Teoritis
2.1.1 Pengertian Ojek
            Ojek atau ojeg adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor. Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya berjumlah satu orang. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan supir ojek terlebih dahulu, maka supir ojek tersebut akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya. Ojek banyak digunakan oleh penduduk di kota-kota besar karena kelebihannya dengan angkutan lain, yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Biasanya ojek mangkal di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk kawasan pemukiman.

2.1.2 Pengertian Masyarakat
            Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.

2.1.3 Sejarah Ojek Online
            Perusahaan ojek online sendiri didirikan oleh salah satu penumpang ojek konvensional, Nadiem Makariem. Dengan salah satu tukang ojek langganannya, ia mengetahui bahwa waktu luang tukang ojek banyak digunakan hanya untuk duduk menunggu penumpang datang. Sungguh sangat disayangkan jika banyak waktu yang terbuang percuma hanya untuk menunggu seorang penumpang. Maka dari itu Nadiem mulai berfikir dan memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi seperti media sosial, yang bisa digunakan oleh tukang ojek untuk memudahkan pelanggannya melakukan pemesanan secara online. Pada tahun 2011 Nadiem berhasil membuat sebuah perusahaan dan aplikasi online bernama Go-Jek. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapat layanan ini juga tergolong murah. Untuk jarak 1 – 10 km, dikenakan biaya sekitar Rp. 12.000, jarak 11 – 15 km Rp. 15.000, dan jarak di atas 15 km dikenakan biaya Rp. 2.000/km.

2.2 Kerangka Pemikiran
            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh atau dampak dari hadirnya ojek online yang sedang menjamur di masyarakat. Masyarakat kota-kota besar memang mempunyai berbagai rutinitas yang dituntut untuk bergerak cepat. Dengan hadirnya layanan ojek yang bisa dipesan secara online ini, masyarakat tidak perlu mencari-cari ojek tersebut.
            Namun, setiap hadirnya hal-hal baru, tentu mempunyai segala pro dan kontra. Masyarakat memang mendapatkan dampak yang positif. Tetapi, ojek konvensional atau ojek tradisional-lah yang merasa “tersisih” dengan hadirnya ojek online ini.

2.3 Hipotesis
            Ojek online memiliki pengaruh terhadap masyarakat dan ojek tradisional.

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Populasi dan Sampel
3.1.1 Populasi
                        Populasi adalah keseluruhan dari variabel yang menyangkut masalah yang diteliti (Nursalam, 2002). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengemudi Ojek Online di Bekasi, pengemudi Ojek Konvensional, Masyarakat Yogyakarta, dan murid SMAN 1 Bekasi.
3.1.2 Sampel
                        Sampel adalah bagian populasi yang akan diteliti atau sebagian jumlah dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi (Hidayat, 2007). Berikut ini orang yang menjadi sampel untuk mendapat hasil penelitian:
1.    Darso, pengemudi Ojek Online
2.    Fuad Shidik, pengemudi Ojek Online
3.    Tukang becak di Yogyakarta
4.    Meutia Alya, siswi SMAN 1 Bekasi
5.    Febriyeni Susi, siswi SMAN 1 Bekasi
6.    Wawan, pengemudi Ojek Konvensional di depan SMAN 1 Bekasi
3.2 Metode Pengumpulan Data
3.2.1 Wawancara
1.    Darso, pengemudi Ojek Online di Bekasi
Pertanyaan
Jawaban
Sudah berapa lama anda menjadi pengemudi Ojek Online?
4 bulan.
Apa yang membuat anda tertarik menjadi pengemudi Ojek Online?
Karena, ada tetangga saya yang dapat penghasilan sampai 6 juta/bulan. Jadi saya tergiur. Dan juga, untuk mencari pekerjaan tambahan.
Bagaimana suka dan duka anda selama menjadi pengemudi Ojek Online?
Sukanya kalau mendapat target poin dan uang tambahan dari penumpang. Dukanya, kalau hujan jadi hambatan dalam perjalanan, karena macet.

2.    Fuad Shidik, pengemudi Ojek Online di Bekasi
Pertanyaan
Jawaban
Sudah berapa lama anda menjadi pengemudi Ojek Online?
10 bulan.
Apa yang membuat anda tertarik menjadi pengemudi Ojek Online?
Tidak ada pekerjaan lain dan susah mencari kerja.
Bagaimana suka dan duka anda selama menjadi pengemudi Ojek Online?
Sukanya, kalau setiap hari target poin tercapai. Dukanya kalau berhadapan dengan Ojek Konvensional.
Bagaimana tanggapan anda mengenai orang yang beranggapan bahwa menjadi pengemudi Ojek Online itu berbahaya sebab banyak pengemudi yang di teror Ojek Konvensional?
Ya kalau bisa para Ojek Konvensional diajak menjadi Ojek Berbasis Aplikasi agar tidak ada kecemburuan sosial.

3.    Tukang becak di Yogyakarta
Pertanyaan
Jawaban
Pak, apakah ada Ojek Online di Yogyakarta?
Ada, tapi hanya sedikit. Karena banyak yang takut sama Ojek Konvensional. Nantikan dikirain merebut penumpang.
Lalu, dimana Ojek Online di Yogya tersebar, Pak?
Di dekat UGM sama sekitar jalan Kaliurang.

4.    Meutia Alya, siswi SMAN 1 Bekasi
Pertanyaan
Jawaban
Apa yang membuat anda tertarik menggunakan Ojek Online?
Karena Ojek Online murah dan cepat.
Bagaimana suka dan duka menjadi penumpang Ojek Online?
Sukanya bisa datang tepat waktu ke tujuan. Dukanya pernah menunggu Ojek Online terlalu lama.
Seberapa sering anda menggunakan Ojek Online?
Hampir setiap hari, untuk keperluan pulang sekolah.
Menurut anda, bagaimana dampak positif dan negatif munculnya Ojek Online?
Positifnya, orang – orang menjadi terbantu  jika ingin ke suatu tempat yang jauh jadi lebih cepat. Negatifnya, Ojek Konvensional merasa tersisih.

5.    Febriyeni Susi, siswi SMAN 1 Bekasi
Pertanyaan
Jawaban
Mengapa anda tidak begitu suka menggunakan Ojek Online?
Karena jarak dekat maupun jarak jauh harganya relatif sama. Dan harganya hanya murah saat awal kita menggunakannya.
Pernahkah anda menggunakan Ojek Online dalam berpergian?
Pernah, hanya dalam keadaan darurat.
Mengapa anda lebih memilih angkutan umum daripada Ojek Online? Karena seperti yang kita ketahui, bahwa naik angkutan umum memakan banyak waktu.
Karena, pertama lebih hemat. Dan seperti yang kita ketahui, rata – rata pengemudi angkutan umum sudah lanjut usia, kita bisa berbagi rezeki dengan menaiki angkutannya.
Menurut anda, bagaimana dampak positif dan negatif munculnya Ojek Online?
Positifnya, perjalanan jadi cepat dan lebih efektif. Negatifnya, driver Ojek Online jadi mengetahui nomor telepon beserta alamat rumah kita, takutnya hal ini disalahgunakan.

6.    Wawan, tukang Ojek Konvensional (di depan SMAN 1 Bekasi)
Pertanyaan
Jawaban
Apa dampak yang anda dapatkan setelah hadirnya Ojek Online?
Penumpang menjadi lebih sepi. Sebelum ada Ojek Online, pendapatan saya sekitar Rp. 40.000 – Rp. 45.000 sehari. Sekarang, hanya sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per hari. Kehidupan ekonomi keluarga saya menjadi lebih sulit.
Mengapa Bapak tidak tertarik untuk ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online?
Karena persyaratan untuk masuk Ojek Online sulit, dan saya merasa tidak tertarik karena saya sudah bekerja menjadi Ojek di depan SMAN 1 Bekasi ini sekitar 18 tahun.

3.3 Instrumen Penelitian
            Suatu bentuk dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh informasi dari terwawancara dinamakan interview. Instrumennya dinamakan pedoman wawancara atau interview guide.

3.4 Metode Analisis Data
            Metode analisis data yang kami gunakan adalah metode analisis data kuantitatif. Metode ini menggunakan alat statistik, yaitu analisis data.


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil Penelitian
            Berdasarkan hasil wawancara yang telah kami lakukan terhadap narasumber, dapat disimpulkan bahwa Ojek Online sangat berpengaruh pada setiap lapisan masyarakat, baik penumpang maupun pengendara, serta pengendara Ojek Konvensional. Pengendara Ojek Konvensional sebagian besar merasa dirugikan dengan hadirnya Ojek Online. Mereka tidak memiliki keinginan untuk ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online. Sedangkan para pengendara Ojek Online sangat berguna untuk masyarakat dan mereka pun mendapat keuntungan yang lebih banyak.
4.2 Pembahasan
            Berdasarkan jawaban para responden yang tertuang di dalam wawancara, maka terjawablah permasalahan pada bab sebelumnya. Dampak positif hadirnya Ojek Online ini adalah masyarakat mendapat layanan ojek lebih mudah, murah, dan cepat. Perusahaan Ojek Online juga membuka lapangan kerja untuk masyarakat, sehingga masyarakat bisa mendapat penghasilan lebih. Dampak negatif dari hadirnya Ojek Online adalah bagi para Ojek Konvensional, layanan ini membuat penghasilan mereka lebih sedikit.
            Solusi untuk menangani dampak negatif tersebut adalah, bagi masyarakat, sebaiknya tidak selalu menggunakan Ojek Online agar bisa membagi rezeki untuk Ojek Konvensional. Bagi para pengemudi Ojek Konvensional, sebaiknya memiliki kemauan untuk mengikuti teknologi pada zaman ini. Sehingga bisa ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online dan menggunakan gadget selama bekerja.


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan
            Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.    Sebagian besar masyarakat lebih memilih menggunakan Ojek Online karena lebih mudah, murah, dan cepat.
2.    Perusahaan Ojek Online juga membuka lapangan kerja untuk masyarakat, sehingga masyarakat bisa mendapat penghasilan lebih.
3.    Bagi para Ojek Konvensional, layanan Ojek Online ini membuat penghasilan mereka lebih sedikit.
5.2 Saran
1.    Bagi masyarakat, sebaiknya tidak selalu menggunakan Ojek Online agar bisa membagi rezeki untuk Ojek Konvensional.
2.    Bagi para pengemudi Ojek Konvensional, sebaiknya memiliki kemauan untuk mengikuti teknologi pada zaman ini. Jangan selalu menyalahkan teknologi yang berkembang. Sehingga bisa ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online dan menggunakan gadget selama bekerja.

DAFTAR PUSTAKA

https://sarjanaku.com/2011/07/contoh-karya-ilmiyah

10 comments:

Indomie said...

Was doing my final report for my master's degree class and stumbled upon this. Good read!

Unknown said...

untuk meneliti driver ojek online ini apakah memerlukan surat izin perusahaan ? atau tidak perlu ?

Unknown said...

terimakasih kaka.

Unknown said...

lucu banget blognya. i really love it, and thankyou for helping me girl!!

lurapure indonesia said...

Kuantitatif.. Koq pake wawancara..?klo kuantitatif itu pke angket..

lurapure indonesia said...

Kuantitatif.. Koq pake wawancara..?klo kuantitatif itu pke angket..

jackson said...

Kami sdh memberikan capacity building kpd abang abang ojek konvensional, skrng mrk tergabung dalam koperasi ojek pangkalan indonesia. Utk lebih jelasnya silahkan di email ke globalgsi2@gmail.com terima kasih

Kojen said...

mau tau gabung uber secara online yuk kunjungin,,,thank gan ditunggu kunjugan

baliknya
cara daftar uber | cara daftar uber online| cara daftar uber mobil

livia said...

woah so cute, i like the design wahaha

Smart_violet said...

Mau tanya kalau gitu, masuk dalam bentuk perubahan yang seperti apa?

Post a Comment

Jangan menggunakan kata-kata yang kasar.
Terima kasih.

 

Babynemooos Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea